Minggu, 23 Februari 2014

Skor Tertinggi Game Sederhana

Kata orang, game satu ini mengesalkan. Kata orang, game ini agak sulit ditaklukkan. Kata orang, game ini lagi booming. Kata orang lagi, belum genap semua orang memainkannya, game ini sudah ditarik dari peredaran oleh penciptanya, Dong Nguyen.

Dua hari sebelum ditariknya Flappy Bird dari peredarannya, saya baru saja mengunduhnya karena didorong oleh rasa penasaran saya. Bayangkan saja, hampir semua media online memberitakan tentang game yang melejit bak roket itu, mengalahkan permainan-permainan mobile lainnya. Saya juga kerap mendapati ulasan teman-teman lain di jejaring sosial tentang game sederhana itu, khususnya tentang kekesalan mereka. Hahaa…

“Pinjam dulu dong hapemu. Saya mau main burung,” Tak jarang saya mendapati teman-teman berujar agak nyeleneh tentang game ini. Hahahaha….ini apa maksudnya?

“Burungnya, kalau disentuh, naik. Kalau tidak disentuh, turun,” isttilah lainnya lagi yang berkembang di kalangan kami. Hahaha

(Sumber: Google Play)
Permainannya cukup sederhana, hanya dengan menyentuh layar touchscreen gadget (tap) dan mempertahankan agar “si burung” yang nampaknya baru belajar terbang itu tidak menabrak pipa-pipa hijau di sepanjang perjalanannya. Pipa hijau itu, banyak diperbincangkan di dunia maya, sangat mirip dengan properti pada game besutan Nintendo yang dulu semasa kecil menjadi kegemaran saya, Super Mario. Bahkan, katanya, latar belakang Flappy Bird pun dibuat mirip dengan Super Mario. Makanya beberapa pihak menganggap game itu hasil plagiat.

Ulasan tentang game itu bisa dibaca disini atau media-media lainnya. Banyak kok.

Taraaaa!
Hingga hari ini saya baru bisa mencapai best score 225. Itu pun sudah paling tinggi di kalangan teman-teman saya. Eh, jangan salah loh ya. Saya tidak memainkannya sepanjang hari, sepanjang waktu. Saya memainkannya sesekali saja, dan karena saya punya bakat jenius memainkan game. Huahahaha….

Sepeninggal Flappy Bird dari Google Store, permainan serupa bermunculan. Kini, yang terpopuler adalah Clumsy Bird dengan tema permainan yang sama, meskipun tampilannya jauh lebih menarik. Karakter yang digunakan pun lebih condong mirip karakter pada Angry Bird. Untuk game yang satu ini, lagi-lagi saya baru mencapi skor tertinggi 203. Huahahaha….

Yah, penting tidak pentingnya game itu, saya hanya menjadikannya pengisi waktu luang. Sekadar penghibur juga di kala waktu senggang dan pikiran sementara ruwet. Terkadang saya senang memainkan game, karena bisa melupakan banyak hal dan memacu kita untuk berkompetisi dan sekali-kali menantang diri sendiri. Seperti Flappy Bird dan Clumsy Bird, yang hanya mematok pada tantangan “skor tertinggi”, kita dipacu untuk lebih baik dari sebelumnya. Kita dituntut untuk bisa mengalahkan diri sendiri.

“Sampai berapa memangnya skor tertinggi permainan burung-burung itu?” tanya teman saya yang tak kunjung-kunjung sampai pada bestscore.

Sepengetahuan saya, skor tertinggi yang dipatok untuk permainan ini nampaknya tidak terbatas. Di Youtube, saya menemukan para pemain yang bisa mencapai skor 1000 lebih-sedikit. Oiya, ada pula plesetan permainan ini, dimana ketika mencapai skor 999, “si burung kecil” akan bertemu dengan Mario Bros dan bertarung dengannya. Sementara saya sendiri belum sampai sejauh itu.

Saya juga hanya ingin mengabadikan kesenangan saya di “rumah” ini. Karena “rumah” adalah tempat saya kembali, merenung, berpikir, dan belajar berbahagia…


--Imam Rahmanto--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar