Kamis, 11 April 2013

Peraturan Sederhana


Jika kita ingin memahami, sebentar saja, segala hal yang berlaku dalam hidup ini, semuanya berjalan secara sederhana. Cara kita berteman, cukup sederhana. Bagaimana kita menjalani hidup, sederhana saja. Bahagia pun sederhana. Tersenyum pun amat sederhana. Ada banyak hal yang berlaku dalam hidup ini secara sederhana. Tidak perlu berpikir yang rumit-rumit.

Nah, saya menemukan Three Simple Rules in Life ini, mungkin juga bukan sebuah kebetulan. Tuhan selalu mengajarkan hidup dengan cara-cara sederhana yang tidak diketahui oleh manusia.

*If you do not go after what you want, you’ll never have it. 
“Jika kamu tidak pernah mengejar apa yang kamu inginkan, kau tak akan pernah mendapatkannya.”

Hm… cukup absolute juga untuk mengejar impian kita. Harus mengejar. Jika kita diam saja terhadap sesuatu yang kita inginkan, maka hal itu tidak akan datang dengan sendirinya. Sama halnya ketika kita disodori uang oleh seseorang. Cara terbaik untuk mendapatkan uang itu adalah dengan meraih uang itu dari tangannya. Kita yang butuh, maka kita pula yang harus mengejarnya; begitu peraturanya!

#ehem…. Hal itu bisa berlaku pula bagi orang-orang yang sedang kasmaran. Ya! Kalau kita tidak mengejarnya, maka kita tak akan pernah mendapatkannya! Sesulit apapun, serumit apapun, sebenarnya hal paling sederhana adalah terus mengejarnya. Jangan biarkan diri menjadi orang-orang yang kalah sebelum berkompetisi.

*If do not ask, the answer will always be NO
“Jika kamu tidak meminta, maka jawabannya tentu saja selalu tidak,”

Saya sering mengalaminya. Karena terlalu takut terhadap sesuatu, maka saya tidak pernah mampu untuk meminta, bahkan sekadar meminta tolong. Rasa sungkan, rasa segan terkadang menjadi penghalang untuk meminta. Apalagi dengan orang yang lebih tua atau orang-orang baru dalam hidup kita.

Akan tetapi, beberapa masalah yang kemudian mendorong saya untuk berani meminta. Saya tergelitik dengan salah satu “peraturan” sederhana itu. Tak pernah meminta, tentu saja jawabannya selalu TIDAK!. Oleh karena itu, saya mulai memberanikan diri untuk meminta. Meminta pertolongan. Meminta sesuatu yang menjadi hak kita. Meminta orang lain untuk menjadi teman kita. Meminta kesulitan untuk tidak selalu terlihat sulit. Bahkan sampai meminta orang lain untuk menjadi pendamping hidup kita. #uhuk….! :D

*If you do not step forward, you always be in the same place
Jika kamu tidak melangkah maju, kau akan selalu berada di tempat yang sama.

Rasa malas jangan dipelihara. Terkadang bad mood, malas, bisa menjerumuskan kita untuk tidak mengerjakan apa-apa. Diam pada tempat “itu-itu saja”. Terlena dengan perasaan santai yang sangat lama menggerogoti. Padahal, jika ingin meraih dan mencapai sesuatu, sudah seyogyanya kita melangkah maju. Terus bergerak. Bumi saja selalu bergerak (berputar), kok. ^_^.

Saya sangat tergelitik dengan salah satu kalimat inspiratif Marthin Luther King Jr, “If you can’t fly, then run. If tou can’t run then walk. If you can’t walk then crawl. Whatever you do, you have to keeping moving forward,” Apapun yang terjadi, kita harus tetap bergerak maju.

Nah, "peraturan-peraturan" itu cukup sederhana, seharusnya se-sederhana cara kita menghadapi hidup ini. Saya yakin, ketika kita mampu menerapkannya dalam kehidupan, dengan terus belajar menjadi lebih baik, maka kebahagiaan kita juga bisa berjalan dengan cara yang sederhana. Sama halnya, bahagia itu sesederhana ketika saya bisa menyeruput segelas cappuccino. ^_^.


--Imam Rahmanto--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar