Selasa, 04 September 2012

Tulis Saja!


"Saya bingung mau menulis apa,"

Ungkapan seperti itulah yang seringkali saya dengarkan ketika mengajak orang lain untuk menuangkan pikiran mereka ke dalam sebuah tulisan. Padahal untuk menulis tiga hingga empat paragraf saja sebenarnya tidak butuh waktu sampai satu jam. Sementara jika kita bercerita satu sama lain, kalau saja dituliskan bisa mencapai lebih dari sepuluh halaman. Wow!

Sebenarnya saya pun terkadang mengalami hal serupa. Saya tidak tahu apa yang bakal saya tuangkan menjadi sebuah tulisan. Saya seperti kehabisan bahan untuk diolah menjadi sebuah tulisan. Akan tetapi, pernahkah kalian mendengar sebuah ungkapan, "Tulis saja!"

Nah, berpegang pada prinsip itulah saya kemudian memaksakan diri untuk menulis apa saja yang unik dan menarik (versi saya) yang saya temui dalam kehidupan sehari-hari. Maka jangan heran pula jika hasil tulisan saya masih terkesan "baru belajar". Lha, saya memang masih belajar kok. Terlepas dari pendapat orang lain mengenai tulisan kita, baik atau buruk, bisa menjadi penilaian tersendiri bagi kita. Bahkan, tidak jarang dari komentar-komentar yang dilayangkan pada tulisan, bisa menjadi referensi tambahan untuk tulisan kita. Dari situ pula kita bisa belajar.

Dengan "Tulis Saja!", maka bisa pula mendatangkan ide buat kita. Saya malah terbiasa banyak mendapatkan ide ketika sementara menulis. Misal; saya sudah terpikirkan sebuah topik untuk sebuah tulisan dan menuliskannya. Eh, di tengah-tengah tulisan, saya kemudian terbersit sebuah fokus tulisan yang lain. Jika hal demikian terjadi, biasanya saya akan menuliskan ide baru itu di tempat lain. Atau saya terkadang malah mengganti planning tulisan awal saya, 180 derajat. Hehe...



Bagi saya, ternyata "Tulis Saja!" bisa mendatangkan banyak ide. "Tulis Saja!" juga bisa melatih keterampilan menulis, kapan saja dan dimana saja. Everytime and everywhere. Dan bukankah menyelesaikan sebuah pekerjaan (tulisan) itu sungguh melegakan?


--Imam Rahmanto--

Berusaha menggali ide lewat tulisan ini.

1 komentar: