Senin, 20 Agustus 2012

Tips Melakukan Perjalanan Laut Seorang Diri


Perjalanan dengan memanfaatkan transportasi kapal laut tampaknya masih menjadi pilihan bagi sebagian besar orang. Tarifnya yang cukup murah membuatnya banyak diminati oleh semua kalangan. Tak tanggung-tanggung, di musim mudik, penumpangnya tentu melebihi batasnya.

Ruangan/ kabin yang disediakan khusus bagi penumpang kelas ekonomi khususnya, selalu saja terisi penuh. Maka jangan heran jika kita bisa melihat penumpang-penumpang lainnya yang tidak kebagian tempat menggelar tikar sembarangan. Bahkan di dek paling atas pun sangat riuh dijumpai orang-orang yang tidur di sepanjang teras kapal. Parahnya lagi, tanpa memikirkan keselamatannya sendiri, ada yang nekat tidur di tepi badan kapal. Saya malah melihat dengan santainya mereka main gaplek.

Sederhananya, sebenarnya melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan kapal adalah hal yang menyenangkan. Kita bisa berkeliling di dek paling atas diterpa angin kencang dari laut. Pemandangannya pun benar-benar asli di tengah laut. Di malam hari kita bisa melihat langit lepas yang bertabur bintang. Di pagi hari bisa menyaksikan matahari terbit (sunrise). Dan akhirnya, di sore hari menanti matahari kembali ke peraduannya (sunset). Pokoknya, banyak hal yang bisa dilakukan.

Tentu, semua itu bisa dilakukan dengan sangat leluasa jika kita memiliki teman seperjalanan. Jika tidak, jadilah kita bakalan seharian di tempat menunggui barang bawaan. Oleh karena itu, sebelum melakukan perjalanan sendirian dengan menggunakan kapal, ada beberapa hal yang menurut saya perlu diperhatikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar