Jumat, 03 Agustus 2012

Cari Suasana Berbeda di Bulan Ramadhan

Adakalanya menikmati suasana di bulan Ramadhan seperti ini membuat kita jenuh. Beberapa mungkin karena bertepatan dengan liburan, maka hanya tinggal di rumah. Malah, ada yang menghabiskan sebagian besar waktunya hanya untuk tidur. Duh, puasa-puasa begini kok lebih banyak tidurnya?
 

Perasaan jenuh sudah pasti menghampiri setiap orang. Terlebih jika hal yang dikerjakan adalah sebuah rutinitas “mutlak”. Ini-itu saja setiap hari.
 

Baru kemarin saya bisa berbuka bersama teman-teman kost. Sejak awal pertama puasa Ramadhan, saya selalu menghabiskan waktu berbuka puasa di redaksi. Setiap hari di redaksi. Maklum, nasib mahasiswa kan begitu, selalunya cari yang gratisan. Hehe… Jadinya, lama-lama membuat jenuh juga. Oleh karena itu, salah satu cara saya mengatasi kejenuhan itu, ya dengan mencari suasana-suasana baru. Jika sebelumnya selalu bersama rekan-rekan redaksi, berganti dengan teman-teman kost.
 

Saya hanya berusaha mencari suasana-suasana yang baru di bulan Ramadhan ini. Jenuh juga rasanya jika setiap hari hanya menghabiskan waktu di satu tempat yang sama. Sebagai orang yang suka melihat hal-hal baru, saya sebenarnya juga ingin bisa merasakan hal-hal yang berbeda di waktu bulan puasa ini. Bulan puasa tidak lantas hanya dijadikan sebagai ajang untuk bermalas-malasan di dalam rumah, menghabiskan waktu dengan tidur, sampai berbuka pun di rumah. Ya, masih beruntung jika ada teman-teman berbuka puasa. Nah, kalau tidak? So lonely…
 

Ada banyak hal yang bisa kita telusuri. Bulan puasa tidak hanya sekadar menjalankan puasa, shalat Tarawih, ataupun tadarrus-an (itu juga sangat penting loh). Akan tetapi, nilai-nilai yang terkandung di dalam bulan suci ini jauh lebih penting. Segala kebaikan yang dikerjakan akan dinilai pahala dan berlipat ganda, bukan? Maka sudah seyogyanya pula kita berlomba-lomba di bulan ini untuk berbuat kebaikan.



Untuk menghilangkan kejenuhan kita, cari beragam suasana di bulan Ramadhan. Nikmati suasananya. Jika sebelumnya kita berbuka sendiri di rumah, lain waktu berbuka bersama teman-teman. Jika sebelumnya hanya menghabiskan waktu buat tidur, lain waktu cobalah tengok beragam aktivitas di luar sana, jalan-jalan. Kali aja ada orang yang butuh pertolongan. Hehe.. Jangan sampai bulan yang penuh berkah ini terlewat begitu saja tanpa kesan apa-apa. ^_^.



--Imam Rahmanto--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar