Minggu, 11 April 2010

Mengubah Template Blog Lebih Menarik

Pada awal mendaftar pada situs penyedia blog gratis (blogger.com), pada blog telah terpasang template default. Di saat ingin menggantinya, hanya tersedia beberapa template saja. Itu pun template yang disediakan adalah template yang sama bentuknya, hanya komposisi warnanya saja yang berbeda.

Untuk mengatasi permasalahan ini, maka blogger.com menginjinkan untuk mengganti template yang berasal dari luar pengaturan itu sendiri, dengan cara copy-paste. Inilah yang menjadi salah satu keistimewaan blogspot dibandingkan dengan webblog kebanyakan, dan telah saya kemukakan pada artikel Blogspot VS Wordpress sebelumnya. Blogger (pengguna blog) bisa memilih sendiri dari luar template yang ingin digunakan, sehingga dapat disesuaikan dengan selera blogger sendiri.


Kebetulan, untuk blog ini pun telah memanfaatkan keistimewaan blogspot tersebut, sehingga seperti sekarang, lebih eye catching. Oleh karena itu, untuk mengatasi kesulitan bagi para blogger lainnya yang masih belajar dalam nge-blog (seperti saya), maka saya akan membagi pengetahuan saya, sekitar:

1. Buka situs yang menyediakan template gratis buat blogspot. (telah saya sertakan beberapa di bawah). Bisa juga dicari melalui search engine Google.
2. Download template yang diinginkan. - Ada juga situs yang tidak perlu men-download, cukup di copy langsung kode HTML-nya.
3. Log-in ke dalam blog Anda dan lakukan pengaturan pada templatenya. Caranya; Klik tab Template (Tata Letak) - Edit HTML
4. Copy-paste kode HTML yang telah di download (setelah file dibuka) ke dalam box yang tersedia di bawahnya, setelah kode HTML yang sebelumnya dihapus terlebih dahulu.
5. Setelah semua kode HTML template yang kita inginkan dicopykan, simpan pengaturan tersebut.
Silahkan lihat hasilnya dengan membuka alamat web-blog Anda.

Di bawah ini ada beberapa alamat situs yang menyediakan template yang bisa saya rekomendasikan. Silahkan Anda mengunjungi situs-situs berikut. Semoga Bermanfaat.
1. Professional Quality Templates
2. BTemplates

Tidak ada komentar:

Posting Komentar