Minggu, 11 April 2010

Mengubah Fungsi Keyboard Menjadi Mouse

Mana yang lebih Anda sukai, komputer tanpa keyboard atau komputer tanpa mouse? Wah, sebenarnya kedua-duanya tidak ada yang bagus alias menjengkelkan. Bayangkan, pekerjaan kita bisa jadi terhambat hanya karena salah satu dari kedua hardware tersebut terganggu.

Tanpa keyboard, komputer masih bisa berfungsi dengan baik. Fungsi dari keyboard dapat dijalankan dengan memanfaatkan mouse. Karena dalam aplikasi standar Windows sendiri, terdapat program On-Screen Keyboard yang tampilannya berupa keyboard di layar komputer. Sehingga untuk menekan tombol-tombolnya, cukup dengan mengklik mouse pada key-key yang dimaksud. (Buka START - All Programs - Accessories - Accessibility - On-Screen Keyboard)

Sebenarnya, tanpa mouse (sebagai penggerak kursor) pun, komputer masih bisa berfungsi dengan cukup baik. Keyboard pun masih bisa menggantikan fungsi mouse. Bedanya, harus melalui beberapa tahap settingan dulu, tidak seperti pada On-Screen Keyboard yang bisa langsung dijalankan seperti aplikasi lain pada umumnya. Cara untuk melengkapi keyboard agar bisa berfungsi sebagai mouse adalah sebagai berikut.

1. Buka Control Panel pada komputer. (Start - Control Panel)
2. Klik pada pilihan Accessibility Option
3. Pada kotak dialog yang muncul, buka pada Tab Mouse

4. Beri tanda checklist pada checkbox Use MouseKeys. Lalu klik Setting
5. Beri tanda checklist pada checkbox Use Shortcut, sehingga Anda bisa menggunakan tombol Alt + Shift kiri + Num Lock untuk mengaktifkan MouseKeys ini.
6. Atur kecepatan dan akselerasinya. Saya sarankan untuk memaksimalkan kedua-duanya agar lebih memudahkan penggunaannya.
7. Checklist pada checkbox Hold Down......., sehingga Anda bisa meningkatkan kecepatan perpindahan mouse pada keyboard dengan menekan tombol Ctrl.
8. Pilih On dan checklist pada checkbox di bawahnya agar Status MouseKeys saat aktif atau tidak dapat terlihat pada Tray icon.
9. Pilih OK.

Untuk mengaktifkannya, aktifkan tombol Num-Lock pada keyboard, sehingga pada tray icon (sudut kanan bawah) muncul simbol MouseKeys (berupa mouse). Dan penggunaannya, Anda tinggal menggunakan arah panah yang ada pada tombol-tombol angka Num-Lock. Tekan Ctrl untuk meningkatkan kecepatannya.

Nah, cukup mudah, bukan. Sebagi persiapan kalau-kalau suatu saat mouse komputer Anda mengalami gangguan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar