Minggu, 11 April 2010

Menerbitkan Buku Tak Sesulit Dibayangkan


Judul Buku : Menerbitkan Buku Itu Gampang

Penulis : Jonru

Penerbit : Tiga Serangkai

Jml. Halaman : 278


Ada yang berminat untuk menerbitkan sebuah buku? Mungkin, buku fiksi, nonfiksi, mata pelajaran, komputer, atau yang lainnya? Bah, salah satu solusi yang bisa mewujudkan keinginan tersebut adalah buku "Menerbitkan Buku Itu Gampang." Buku ini akan sangat tepat untuk dijadikan sebagai panduan dalam menerbitkan sebuah buku.

Buku setebal 278 halaman ini ditulis oleh Jonru (nama pena) alias Jonriah Ukur Ginting. Penulis yang lahir pada tanggal 7 Desember 1970 sudah menekuni dunia kepenulisan sejak tahun 1990. Sehingga tidak sulit bagi penulis untuk menampilkan bahasa-bahasa yang mampu menarik perhatian dan minat pembaca. Bahasa yang digunakan penulis dalam buku ini sangat komunikatif. Tidak perlu wawasan yang tinggi untuk dapat memahami tiap bahasa yang digunakan oleh penulis. Bahasa yang tidak gaul dan tidak pula terlalu resmi sudah cukup menunjukkan jati diri penulis sebagai anggota FLP Pusat Divisi Humas. Tentunya, pengalaman penulis dalam mengelola dan mengikuti situs kepenulisan, dimana banyak pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan kepenulisan dan penerbitan sebuah buku yang dilontarkan para pengunjung, dapat melengkapi segala pengetahuan penulis yang tertuang dalam buku ini.

Isi keseluruhan buku ini bisa dikatakan lengkap. Di dalamnya sudah terdapat penjelasan-penjelasan mengenai kiat-kiat untuk menerbitkan sebuah buku, baik secara self publishing maupun melalui penerbit tertentu. Persiapan, proses, menunggu hasil, dan akhirnya terbit sudah merupakan bagian yang terekam baik di dalamnya. Meskipun buku ini mengambil tema penerbitan, namun tidak lantas hanya menguraikan tentang penerbitan saja. Dorongan dan proses kreativitas dalam sebuah kepenulisan juga turut melengkapi sebagai bab awal dalam buku, sehingga tidak diragukan lagi, pembaca yang juga gemar menulis bisa menambah pengetahuan dan kreativitasnya setelah membaca buku ini.

Entah apakah seperti buku kebanyakan, yang menyampaikan isinya dengan gaya serius, buku ini malah terasa dekat dengan pembacanya (yang gemar menulis). Penulisan kata-kata yang tidak terkesan kaku dan lebih persuasif bisa lebih melekat di benak para pembaca. Sehingga, bisa saja, di saat membaca buku ini pembaca seakan terdorong untuk segera menerbitkan sebuah buku. Tidaklah salah, jika mungkin dikatakan bahwa isi dalam buku ini telah lengkap sebagai modal awal penulis pemula menuju penerbitan. Dan ternyata, menerbitkan sebuah buku tidaklah sesulit yang pernah dibayangkan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar